ikuti kami di
  Pencarian
 

Dra. C.I.M. Kusuma Widiawati

Kepala Sekolah


Desember, 2017
MSSR KJS
     12
3456789
10111213 141516
17181920212223
24252627282930
31      

DAPDODIK
  NISN
  NPSN
  NUPTK

KRITIK DAN SARAN
2013-04-18 11:17:02
  Fairus ( Riris)
  Hasil Olimpiade
 
2013-04-18 11:06:50
  Devi Andriyani
  Perangkingan hasil Olimpiade
 
2013-04-18 11:02:19
  I Putu Sundika
  Reuni lulusan tahun 1994
 

ALUMNI TRISMA
Nama Alumni
Angkatan
Jurusan


 
ARTIKEL DETAIL
http://sman7denpasar.sch.id/ - Rabu, 17 April 2013
Tersenyum adalah Sebuah Bahasa Universal yang Menggairahkan Sukma (CIM Kusuma Widiawati )
Dibaca: 1564 Pengunjung


Oleh : administrator


Saat kita tiba di kantor, senyum yang tersaji dari rekan-rekan kerja menyambut kedatangan kita serasa menambah indah suasana hati. Pada saat kita memasuki area parkir pun, senyuman petugas parkir menyejukkan hati. Di saat kita memasuki ruangan kelas, tebaran senyum yang polos dari siswa-siswi, terasa begitu indahnya dunia ini. Juga pada saat membayar belanjaan di supermarket, setelah mengantri cukup lama, senyuman kasir pun menghapus rasa jenuh penantian.
Seringkali tidak kita sadari bahwa senyuman tulus akan membuat hati si penerima senyum menjadi sejuk dan damai. Satu contoh yang paling berkesan yang mungkin pernah dialami adalah ketika suatu malam saat menyusuri sebuah gang sempit di sebuah daerah untuk  mengantar seorang teman mencari rumah saudaranya. Karena sama-sama belum tahu rumahnya maka kita berjalan memasuki semua lorong yang mungkin bisa dimasuki sambil sekali-sekali bertanya pada penduduk sekitar. Tanpa sadar kita salah masuk lorong yang sudah dikenal sebagai ‘daerah rawan’ karena pemuda di daerah itu biasanya mabuk-mabukan di pinggir jalan dan bila sudah mabuk mereka akan melakukan sesuatu yang mengganggu orang lain, seperti minta uang pada siapa pun yang melewati jalan atau memaksa meminta uang, dll. Mau tidak mau kejadian itu akan menimpa kita, dalam kondisi saat itu kita harus terus berjalan, karena tidak ada jalan lain untuk keluar, sementara jalanan sempit sehingga tak mungkin putar arah. Seseorang berjalan terhuyung-huyung menghadang kendaraan kita. Terpaksa kita berpikir dan akhirnya akan membukakan kaca jendela kendaraan secara berlahan, dan secara refleks kita akan memberi seulas senyuman manis pada dia sambil mengatakan “Selamat malam….” Salah satu kemungkinan yang terjadi adalah dia langsung luluh dan mempersilakan kita lewat tanpa mengganggu sedikit pun. Padahal sudah sering mendengar cerita dari orang lain yang mengalaminya sendiri, bahwa pemuda di situ pasti meminta uang bila sudah mabuk, kalau mereka tidak diberi maka mobilnya akan dirusak atau dilempar batu.
Sebenarnya, tersenyum adalah hal yang mudah dilakukan dan bermanfaat. Baik bagi si pemberi senyum maupun si penerima, senyuman memberikan keuntungan masing-masing.  Si pemberi akan bertambah umur karena tersenyum itu sehat sedangkan si penerima pun akan merasa senang.
Cerita lainnya, pernah beberapa kali kita memberi gratisan atau diberi gratis. Maksudnya, kita sudah tersenyum dengan tulus, tapi malahan penerima malah acuh tanpa ekspresi, sehingga ada muncul sedikit rasa jengkel, tapi kemudian kita akan berpikir tidak ada ruginya kalau tersenyum, toh kita tersenyum tidak bayar. Mungkin juga bukan maksud dia untuk tidak pedulikan senyuman kita, tetapi mungkin terlambat sadar. Kadang kita sendiri juga terlambat membalas senyuman orang lain dan pada akhirnya kita akan menyesal mengapa tidak membalas senyuman itu. Yah, setidaknya, dengan memberikan senyuman, dibalas atau tidak, diabaikan atau pun diacuhkan, orang yang menerima senyuman kita menjadi tahu bahwa kita bermaksud baik dan bukannya menebarkan hawa permusuhan. Senyuman juga bisa menghapus lelah. Bila penjual tiket yang sudah berjaga seharian kemudian mendapat senyuman dari pembeli, pasti sebagian rasa letihnya akan berkurang. Atau pedagang asongan yang sudah jauh berkeliling mendapat senyuman dari penumpang bis yang bahkan menolak tawaran dagangannya, dia pun akan merasa sedikit terhibur. Walaupun dagangannya tidak dibeli.
Jadi, marilah kita mulai memberikan senyuman kita yang manis dan tulus kepada semua orang di sekeliling kita, orang-orang terdekat kita, kepada tukang sampah, kepada satpam sekolah, pedagang di kantin, kepada guru kita, kepada murid kita, kepada tukang sayuran, kepada petugas PLN atau PDAM, kepada office boy atau pun kepada atasan kita. Sebab dari situlah akan dimulai perdamaian dunia. Keadaan sekitar kita akan terasa nyaman. Bila suasana menjadi nyaman maka semua keindahan akan mengusung untuk menghangatkan jiwa kita. Semuanya akan kembali kepada kita dengan balasan yang lebih besar daripada sekedar senyuman yang telah kita taburkan.
“Tersenyum tidak salah, tetapi mulailah mengawali dengan tersenyum selama senyuman itu sangat diharapkan. Tetapi berhati-hatilah dengan senyuman Anda, karena tidak semua tempat mengharapkan kehadiran senyuman Anda. Bahkan senyuman Anda bisa membawa petaka.”


Dibaca: 1564 Pengunjung


 
artikel Lainnya
06 Mei 2014 : Program Matrikulasi Sebagai Dampak Pelaksanaan Kurikum KTSP 2013 Secara Serentak Di Semua Satuan Pe
01 Desember 2013 : TATTOO TUBUH PENTINGKAH ?
17 September 2013 : Workshop Pengembangan Program Paket Aplikasi Sekolah (PAS)
11 September 2013 : Foto Lazer Bisa Membuat Orang Menjadi Muda
11 September 2013 : Sosok Yang Suputra Cerminan Pendidikan Yang Berhasil
Cari artikel :    
 

Drs. I Ketut Muditha,M.Pd

Wakasek Kurikulum

I Nyoman Sedana,S.Pd, MM

Wakasek Kesiswaan

Drs. I Made Siarta, M.Pd

Wakasek SaPras


VIDEO KEGIATAN
Video Kegiatan Lainnya

SITUS TERKAIT
  SMAN 4 Denpasar
  SMAN 5 Denpasar
  SMAN 2 Denpasar
  SMAN 3 Denpasar
  SMAN 8 Denpasar
  NUPTK
  SMAN 1 Denpasar
Situs Terkait Lainnya

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website SMAN 7 Denpasar?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Jelek
 
Responden : 845 Responden
Lihat hasil

 

SMAN 7 Denpasar
Beranda
Peta Situs
Situs Terkait
Foto
Video
Kritik Saran
Kontak Kami
Peta Lokasi

Lihat Peta Lebih Besar
Statistik Pengunjung
1897861

Pengunjung hari ini : 93
Total pengunjung : 244567
Hits hari ini : 447
Total Hits : 1897861
Pengunjung Online: 2


Kontak Informasi
SMAN 7 Denpasar
Jl.Kamboja No.9 Denpasar - Bali, Indonesia
 
P. 0361-222544
F. 0361-222544
E. info@sman7denpasar.sch.id
W. www.sman7denpasar.sch.id

Copyright © 2009 - 2012 SMA Negeri 7 DENPASAR. All Rights Reserved.  
ikuti kami di