ikuti kami di
  Pencarian
 

Dra. C.I.M. Kusuma Widiawati

Kepala Sekolah


Agustus, 2017
MSSR KJS
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

DAPDODIK
  NISN
  NPSN
  NUPTK

KRITIK DAN SARAN
2013-04-18 11:17:02
  Fairus ( Riris)
  Hasil Olimpiade
 
2013-04-18 11:06:50
  Devi Andriyani
  Perangkingan hasil Olimpiade
 
2013-04-18 11:02:19
  I Putu Sundika
  Reuni lulusan tahun 1994
 

ALUMNI TRISMA
Nama Alumni
Angkatan
Jurusan


 
ARTIKEL DETAIL
http://sman7denpasar.sch.id/ - Kamis, 18 April 2013
Ulangan Umum atau Ulangan Akhir Semester?
Dibaca: 20733 Pengunjung


Oleh : administrator

Masih ada tingkat satuan pendidikan belum paham akan peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007  tentang standar penilaian pendidikan. Hal ini tercermin dari pelaksanaan ulangan bersama yang dilakukan tanpa memperhatikan standar penilaian pendidikan. Sebagai pengelola pendidikan pasti paham akan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Paling tidak, delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah sebagai acuan, pengelolaan tingkat satuan pendidikan agar kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Begitu halnya pemerintah daerah, kabupaten, dan kota, ketika akan memutuskan kebijakan agar mendukung pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Ulangan umum bersama”, dan ruang lingkup materi melebihi materi pada semester bersangkutan telah menyimpang dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007, tentang Standar Penilaian Pendidikan. Dalam peraturan menteri tersebut pada poin 6 (enam) disebutkan bahwa Ulangan Akhir Semester (UAS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester, dan cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut. Dengan demikian ulangan umum bukan ulangan akhir semester (UAS), terlebih bila indikatornya tidak merepresentasikan KD pada semester tersebut.

Pada petunjuk teknis pelaksanaan penilaian ditulis bahwa ulangan meliputi Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Selanjutnya tingkat satuan pendidikan menyusun penilaian hasil belajar berkeadilan dan bertanggung jawab. Penilaian hasil belajar didasarkan pada transparansi sistem evaluasi hasil belajar untuk penilaian formal berkelanjutan, dan penilaian dilakukan secara menyeluruh yaitu mencakup semua aspek kompetensi yang meliputi kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif.

Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan. Berdasarkan analisis hasil pelaksanaan kegianan bimtek KTSP oleh Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa: 1) masih banyak ditemukan di tingkat satuan pendidikan yang belum memiliki pedoman penilaian peserta didik. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman tingkat satuan pendidikan tentang komponen-komponen yang mestinya dimuat dalam pedoman penilaian pencapaian kompetensi peserta didik; 2) berkaitan dengan penilaian kelompok mata pelajaran sebagian besar guru belum memahami pengertian dan prinsip penilaian kelompok mata pelajaran serta keterkaitannya dengan nilai mata pelajaran, mekanisme, dan prosedur penilaian kelompok mata pelajaran, penyiapan perangkat penilaian lima kelompok mata pelajaran, dan implementasi penilaian lima kelompok mata pelajaran; 3) dalam implementasi penilaian afektif dan psikomotor, masih menghadapi kesulitan karena adanya kendala menentukan indikator penilaian afektif dan psikomotor melalui proses analisis SK dan KD, menyiapkan perangkat penilaian dan bahan ujian sesuai dengan karakteristik aspek yang dinilai.

“Ulangan umum” adalah konsep yang sudah lama ditinggalkan, mungkin yang dimaksud adalah “Pemantapan Ujian Nasional (UN)”, namun seharusnya diberikan pada siswa kelas XII (dua belas) di SMA/SMK. Pemahaman yang belum beracuan menyebabkan Ulangan Akhir Semester menjadi “bermasalah”, artinya bila digunakan variable nilai UAS, kisi-kisi soal tidak mencerminkan Ulangan Akhir Semester (UAS), sehingga hasil yang diperoleh menjadi mubasir.

Permendiknas dan petunjuk teknis, dapat digunakan sebagai acuan bagi guru/MGMP/ MKKS dalam melaksanakan proses penilaian hasil belajar peserta didik, mulai dari penyiapan perangkat, pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil, dan pemanfaatan hasil pengolahan peneilaian peserta didik. Dapat pula digunakan sebagai acuan untuk satuan pendidikan / Pengawas  dalam melaksanakan pengawasan keseluruhan proses pelaksanaan penilaian peserta didik di sekolah.

Dengan demikian “Ulangan Umum Bersama” penting untuk dikaji ulang agar konsep, pesiapan dan tujuan  serta tindak lanjutnya dapat digunakan oleh guru maupun tingkat satuan pendidikan sebagai refleksi dari proses pendidikan yang telah dilaksanakan.


Dibaca: 20733 Pengunjung


 
artikel Lainnya
06 Mei 2014 : Program Matrikulasi Sebagai Dampak Pelaksanaan Kurikum KTSP 2013 Secara Serentak Di Semua Satuan Pe
01 Desember 2013 : TATTOO TUBUH PENTINGKAH ?
17 September 2013 : Workshop Pengembangan Program Paket Aplikasi Sekolah (PAS)
11 September 2013 : Foto Lazer Bisa Membuat Orang Menjadi Muda
11 September 2013 : Sosok Yang Suputra Cerminan Pendidikan Yang Berhasil
Cari artikel :    
 

Drs. I Ketut Muditha,M.Pd

Wakasek Kurikulum

I Nyoman Sedana,S.Pd, MM

Wakasek Kesiswaan

Drs. I Made Siarta, M.Pd

Wakasek SaPras


VIDEO KEGIATAN
Video Kegiatan Lainnya

SITUS TERKAIT
  SMAN 4 Denpasar
  SMAN 5 Denpasar
  SMAN 2 Denpasar
  SMAN 3 Denpasar
  SMAN 8 Denpasar
  NUPTK
  SMAN 1 Denpasar
Situs Terkait Lainnya

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website SMAN 7 Denpasar?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Jelek
 
Responden : 835 Responden
Lihat hasil

 

SMAN 7 Denpasar
Beranda
Peta Situs
Situs Terkait
Foto
Video
Kritik Saran
Kontak Kami
Peta Lokasi

Lihat Peta Lebih Besar
Statistik Pengunjung
1804941

Pengunjung hari ini : 85
Total pengunjung : 230396
Hits hari ini : 534
Total Hits : 1804941
Pengunjung Online: 1


Kontak Informasi
SMAN 7 Denpasar
Jl.Kamboja No.9 Denpasar - Bali, Indonesia
 
P. 0361-222544
F. 0361-222544
E. info@sman7denpasar.sch.id
W. www.sman7denpasar.sch.id

Copyright © 2009 - 2012 SMA Negeri 7 DENPASAR. All Rights Reserved.  
ikuti kami di